Dimana Letak Surga Itu?

Kalau baca judul postingan ini, jangan fikir saya sedang menuliskan kembali lirik lagu Agnes Monica idola saya yah… Tapi ini pertanyaan konkret dari seorang anak kecil yang tak sengaja saya temui di salah satu ibadah di gereja beberapa minggu yang lalu. Dia tanya sama mamanya begini ‘ Ma, Tuhan Yesus katanya sudah naik ke surga yah?Jadi surga itu di atas ya Ma?’
Sambil bertanya si anak mendongak ke langit cerah di atas kami dengan wajah penuh pertanyaan. Saya juga terhipnotis dan ikut melihat indahnya awan berarak di atas langit biru yang indah di atas sana sambil bergumam, ‘Mungkin benar, karena dari bawah sini keindahan surga bisa saya nikmati’

Besok adalah hari peringatan kenaikan Isa Almasih. Buat yang beragama Nasrani seperti saya, selamat merayakannya yah…
Kata ‘naik’ membuat saya tertarik mengulas dan menyelami pengertian tentang’surga’. Orang bilang surga itu di telapak kaki ibu. Ada yang bilang surga itu sebenarnya ada di atas langit ke tujuh. Dan ada pula yang bilang sebenernya sorga adalah dunia ini, yang dimana pada suatu saat tertentu memberikan ‘sorga’ bagi sebagian orang.

Saya ga akan bahas tentang dimana sebenarnya letak surga itu, karena saya belum pernah ‘jalan-jalan’ ke sana.Yang jelas saya mau bahas tentang apa arti surga dalam kehidupan saya. Karena saya masih hidup di dunia, pengertian terbatas saya tentang surga adalah sebuah tempat yang isinya kebaikan. Kebaikan yang ga egois, tapi kebaikan yang sifatnya seimbang, selaras dan tidak merugikan lingkungan sekitar.

Meski bumi ini tak bisa dibilang ‘surga’ tapi sebenernya buat saya terkadang bumi ini menjadi’surga’ buat saya.
Suatu hari, saya melihat keindahan bumi dari atas pesawat kemudian saya berfikir, sebenernya dari awal Tuhan menciptakan bumi untuk menjadi surga buat umatNya. Sayangnya, kebencian, iri hati, keserakahan menjadi dominan sehingga bumi yang tadinya seindah surga ini perlahan-lahan mirip neraka ^__^. Neraka yang panas karena lapisan ozon menipis, kebakaran hutan, penebangan pohon secara liar diganti dengan kemewahan bangunan-bangunan komersial yang semuanya itu dipicu oleh keserakahan hati manusia.

Sgala hal yang baik dan jahat ini timbul dari dalam hati setiap manusia. Jadi, menurut Debhoy, surga adalah gambaran/efek yang terpancar dari hati manusia yang pastinya berisi kebaikan. Meski kebaikan-kebaikan kecil, tapi bisa menghasilkan keindahan di sekitarnya.
Sayangnya, masih banyak orang yang apatis tentang bumi dan isinya yang merupakan anugerah Yang Kuasa untuk manusia tapi mengharap banyak pada potensi bumi yang begitu luar biasa yang telah dikurasnya secara brutal.

Jadi aku melanjutkan lamunanku tentang pembicaraan singkatku dengan adik kecil tadi. Aku bilang padanya, ‘Surga itu ada di hatimu, Sayang…’ sambil berharap kelak setelah dia dewasa, dia tetap menjaga surga di dalam hatinya.

Apakah sahablog setuju dengan kesimpulan saya bahwa surga seharusnya ada di hati kita?

Selamat menyambut liburan panjang buat yang menikmatinya (saya ga libur panjang T__T)

9 thoughts on “Dimana Letak Surga Itu?

  1. debhoy… manis banget sih tulisanmu, aku ampek senyum bacanya. definisi surga yg sederhana tapi bermakna

    lama juga aku ga maen ke sini ya deb 🙂

    selamat hari raya! btw, kenapa atuh ga libur?

  2. Whuaaaaa…
    aku setuju dengan mu Deeeeb…
    Surga ada di hati kita semua 🙂

    Posting yang keren sekali inih…
    Mengingatkan aku kembali untuk menghargai hal hal kecil untuk di syukuri 🙂

  3. Surga ada didiri kita juga.kalau jiwa baik pasti ada surga….neraka ya dari diri kita juga..keburukan kita ya itu neraka kita

  4. saya kurang setuju kalo misalnya surga ada di hati kita.. yang jadi fokus bagi petanyaan kan mungkin bahwa kemana kta akan pergi? surga atau neraka? jika kita masuk surga, lantas apakah roh kita akan pergi ke hati kita sendiri? lalu dimana kah neraka itu? apakah neraka ada di dasar inti bumi? saya belum menemukan jawaban yang tepat, sebenarnya kalau kita meninggal, dimanakah roh kita akan berdiam. banyak yang bilang di bumi, dan selanjutnya akan pergi ke surga. Nah jika surga sebenernya di hati kita, roh kita akan pergi ke hati kita sendiri dong. dipikir secara akal belum masuk kak ke logika ku. pendapat semua orang memang berbeda kak, tapi bagiku yang kakak berikan kurang tepat. Thanks ya kak. GBU ^^

Leave a Reply

