My Wish @ This Christmas

Hari ini, entah kenapa, pagi-pagi rasanya pengeeeeeeeen banget ketemu dengan orang-orang yang udah jauuuuuuuh dari Debhoy. 🙂
Terutama sama dua orang paman yang pernah tinggal lama dengan keluarga Deb. Mereka termasuk orang yang membentuk karakter Debby menjadi Debhoy, begitupun sebaliknya 😀

Debby yang manja, ga care sama lingkungan sekitar, keras kepala, yang tomboy tapi sebenernya terlalu sensitive, Debby yang selalu punya jawaban untuk membantah setiap nasehat, begitulah aku yang sebenernya…
Tapi lingkungan membentuk karakter-karakterku. Ada yang jarang sekali aku lakukan, ada yang masih sering aku lakukan, ada yang sama sekali tidak pernah aku lakukan.

Dan saat ini, seperti inilah Debhoy. Yang punya sisi feminim dan menonjolkan sisi maskulin ketika terpaksa:D
Manjanya untuk orang-orang tertentu, keras kepalanya untuk beberapa prinsip tertentu, banyak menjawab ketika memang situasinya mendukung, tersenyum lebih banyak ketika berpapasan dengan tetangga, teman kantor, teman gereja bahkan teman blogger, sedikit banyak ke salon merias diri dan sering pakai rok ke kantor, sensitive untuk hal-hal yang berkaitan dengan orang yang aku sayang dan perduli.

Hal yang belum berubah, adalah gampang mengekspresikan emosi apapun. Mudah menangis, marah, tertawa lepas sampai mengganggu konsentrasi sekitar, menulis puisi sebanyakmua ketika isi hati berwarna-warni tak tertuang dengan sempurna, bingung dan uring-uringan ketika dalam situasi tak menyenangkan, mudah merasa lebih baik beberapa jam kemudian, gampang hanyut dalam suasana deh pokoknya. Bahkan hanya karena film Korea bisa nangis berjam-jam 🙂

Keliatan bijaksana karena sejak kecil Deb bergaul dengan orang-orang yang usianya lebih dewasa. Sepertinya memang karena itu juga banyak orang lain merasa Debby begitu bijak. 🙂
Kenyataannya, banyak hal yang Debby belum mengerti, hanya tau tentang teori. Ya dari tulang, mama, Bapak, opung, Tante bahkan kakak kelas yang sering nasehatin Debby karena kenakalan-kenakalan yang coba Debby lakukan.

Debby ini suka usil, pernah buat temen sekelas nangis, pernah nimpuk anak orang karena sering buat Debby keki, pernah nyolong duit mama karena pengen makan es krim 🙂
Jadi kayak cerita aib yah? wkwkwkw
Tapi kenakalan itu bukan kebanggaan, hanya pelajaran penting saja tentang kehidupan. Jadi ketika beberapa orang merasa itu semua hal bodoh, itu memang benar…tapi hal bodoh yang mengajari kita tentang kebaikan. Dari yang jahat, kita kenal yang baik.

Itu kata pamanku lho 🙂
Tapi yang jahat jangan dimusuhi, karena mereka tidak jahat, tapi sikapnya yang jahat yang perlu kita perangi. Itu kata almarhum pamanku lho…
Hal-hal di dunia ini boleh berubah, tapi kasih Tuhan itu ga berkesudahan, itu juga masih kata tulang (paman).
Makanya, ketika Debby berbuat salah, sebesar apapun itu, ada keyakinan kesadaran bahwa Debby harus buru-buru minta ampun sama Tuhan, karena ga pantas kasih Tuhan dibales dengan dosa-dosa kita. Bukan berarti kita boleh terus melakukan dosa yang sama loh….Intinya, kesalahan apapun ga akan mengurangi cinta Tuhan sama kita.

Debby kangen main gitar, belajar kunci balok sama tulang Ruri sampe jari tangan kapalan…
Natal ini berharap banget Debby bisa ketemu dia di Lampung. Pengen nyanyi diiringi pemainan gitarnya sampe suara habis. Waktu Debby stress ga punya pacar, ga punya ortu seperti temen-temen sekolah Debby, tulang slalu cerita gimana dia berjuang juga dulu di Jakarta dengan status yatim piatu. Semua ceritanya meski kadang Debby lawan tapi sangat mengena di hati Debby. Sampe sekarang cerita-ceritanya buat Debby bisa terus bilang “Terima kasih Tuhan” .

Debby kangen berantem-beranteman, berdebat tentang banyak hal….
Coba nyanyiin lagu-lagu lama yang buat Debby diledekin ‘jadul’ sama temen-temen.
Tapi kadang Debby kangen masak untuk keluarga sambil nyanyi sekeras-kerasnya diiringi tulang. Becanda-becandaan, ledek-ledekan, diskusi tentang banyak hal yang buat berantem, buat ketawa, buat nangis 🙂

O,ya…jujur, sampai sekarang masaih ada sedikit penyesalan sama almarhum tulang Eng. Terakhir kali bertemu dengannya, Deb masih ingat…marah-marahin dia karena sikap lebaynya, karena sikap kasarnya sama adik-adik yang suka usilin dia 😦
Debby banyak salah sama tulang Eng, tapi bahkan melihat langsung wajahnya terakhir kalipun Debby ga bisa karena keadaan jauh dan ongkos ke medan ga ada.

Dari situ Debby belajar banyak hal, terutama untuk menghargai orangtua seberapa besarpun kesalahan yang dibuatnya. Meski mereka salah, tapi cara kita mengingatkan mereka ga boleh sama seperti cara mereka mengingatkan kita.
Saat ini, Debby mau menghargai banyak waktu untuk melewatkannya dengan orang-orang yang Debby sayang.

Jadi inget kata-kata temen serumah, ayahnya selalu bilang untuk berfikir bahwa hidup hanya tinggal hari ini, jadi jangan sia-siakan waktu untuk melakukan hal yang sia-sia.
Ya, Natal ini Debby berharap bisa ketemu Tulang Ruri, kalo bisa dan sempat kenalin dia sama orang yang aku sayang seperti sayangku sama dia…

Apa harapan sahablog di natal ini?
Apakah ada orang yang ingin sekali sahablog temui?

Semangat Sore!

Advertisements

12 thoughts on “My Wish @ This Christmas

  1. Ada banyak hal yang kita pelajari di dunia ini bukan dari pendidikan formal melainkan dari lingkungan dan orang2 sekitar kita.. bagi saya siapapun dan apapun bisa menjadi guru yang berharga.. 😀

    semoga harapan natalnya terkabul.. dan selamat menanti natal 🙂

  2. ..
    Setuju, Memang kita bisa belajar banyak dari orang2 disekitar kita..
    Maka jika kita sendiri selalu berbuat baik setiap hari, itu akan jadi contoh buat orang lain..
    Kita juga bisa jadi guru buat diri sendiri dan orang lain..
    ..
    Semoga harapan Debboy terwujud..
    Amiin..
    ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s