SETURUT KEHENDAK-NYA

Hidup ini seperti arus air yang mengalir. Kita kadang merasa Tuhan tidak adil menempatkan kita di tengah-tengah orang-orang yang membuat kita mderasa tidak nyaman. Tapi seperti halnya sungai yang mengalir, sebenarnya Tuhan sedang membantu kita menemukan lautan yang indah pada akhir perjalanan panjang dan melelahkan.

Kemana air mengalir kita patutnya mengikuti saja kehendakNya. Semakin kita memberikan perlawanan semakin kita terpuruk. Semakin kita memaksakan diri kita semakin kita jatuh dan jatuh dalam kegagalan. Semakin kita keluar dari jalur sungai yang telah dibuatNya,semakin kita tak dapat bertahan.

Ikan tak dapat bergerak dalam sungai yang membeku atau berenang dalam kabut pagiโ€ฆ Akar tak dapat menembus batu yang padat atau bertahan di pasir yang tertiup anginโ€ฆ

Quote di atas juga sebagai salah satu gambaran tentang betapa Tuhan telah menempatkan segala makhluk di bumi ini sesuai dengan tempat dan pergumulan hidupnya masing-masing. Ikan di dalam air dengan resiko membekunya, akar tumbuhan di dalam tanah dengan banyaknya bebatuan.

Tidak ada ikan yang sengaja diam ketika sungai mulai membeku, ikan akan selalu mencari air yang bergerak tempat dimana dia merasa nyaman, bukan pula di tengah kabut…
Seperti manusia yang tahu bahwa ada tempat yang tak dapat ditinggali, ada sesuatu yang tak dapat ditolak untuk dilakukan ketika Tuhan telah menetapkan jalur kehidupannya.

Begitupun dengan akar pohon yang bentuknya mengikuti jalur tumbuhnya. Ketika ada batu-batuan, secara alamiah akar itu membelok mencari bagian tanah yang tak berbatu. Kebanyakan akar bentuknya indah menurutku. Akar adalah salah satu karya seni Tuhan yang luar biasa. Bentuknya sungguh unik dan tiada dua. Seperti kita manusia yang tumbuh mengikuti arus kehidupan yang telah Dia aturkan untuk kita.
Dan akhirnya terbentuk dengan arus itu sehingga menjadi keunikan dari karakter kita masing-masing.
Siapapun kita tak dapat melangkahkan kaki keluar dari jalur dan kehendak yang Ia tentukan untuk kita.

Tulisan ini dibuat untuk merayakan kebahagiaan Mba Nandini atas terjadinya domain barunya.

Selamat ya Mba…saya nyusul deh buat domain sendiri (blm ada modal ^^)

Advertisements

20 thoughts on “SETURUT KEHENDAK-NYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s