HOPE of this July

Aku berdiri memandangi sekelilingku…
Ada banyak orang mondar-mandir melihat-lihat, memilih dan menawar beberapa benda yang kelihatannya menarik.
Pandanganku terpaKu pada keluarga kecil yang sedari tadi melihat-lihat stand di belakangku.

Ayah, ibu, anak perempuan yang digendong dan anak lelaki yang lucu. Jelas terlihat dia wajah orang tuanya betapa ia ingin sekali memenuhi keinginan anaknya tentang barang yang dia lihat itu… Namun si anak hanya mampu memasang tampang memelas ketika ayahnya menggenggam tangannya dan membimbingnya berjalan melanjutkan jalan-jalan mereka sore menjelang malam itu.

Aku jadi teringat bagaimana wajah Bapak ketika aQ bilang aku lulus tes masuk UGM, Unpad dan Akademi Analis Kesehatan dengan peringkat lumayan sehingga bisa membayar dengan biaya yang sudah dikorting sana – sini….
Aku hanya terdiam ketika Bapak bertanya balik padaku ketika itu ‘Apa kamu yakin bisa membiayai kuliahmu sekarang, Nak?’
Saat itu ungkapan hati yang pertama terlontar di kepalaku adalah ‘Itu kan bukan urusanku….’
Lama aku masih ga bisa menerima kenyataan bahwa aku ini pintar tapi tak bermodal šŸ™‚

Sekarang, saat aku mengingat kembali wajah ayah anak kecil itu, aku mengingat Bapak dengan penyesalan yang sama. Bukan salahnya jika usahanya mengalami kebangkrutan, bukan salahnya tertipu habis-habisan, bukan salahnya jika bebannya semakin bertambah ketika mama dan 2 orang pamanku kurang sehat…. Ga ada yang salah dengan semua keadaan yang berimbas kepadaku…. Semuanya cuma proses hidup yang spesial.

Aku memandangi foto demi foto diriku dari waktu ke waktu (bukannya narsis yahhh), terlalu banyak senyuman menghiasinya.
Pada akhirnya aku menemukan diriku tidak menjadi kurang pintar karena menunda kuliah šŸ™‚
Pada akhirnya aku merasa bangga aku bisa melewati kekecewaan demi kekecewaan karena semuanya tak berjalan sesuai keinginan. Bapak dan mama bangga melihat kemandirianku, ketegaranku dan kepasrahanku terhadap segala hal yang berusaha menghalangi aku untuk semakin maju….

July,,,,
Mengingatkan aku bahwa sudah genap 6 tahun aku meninggalkan Bapak dan mama seta adik-adik di Kabanjahe. Mengingatkan aku tentang betapa Bapak dan Mama memberangkatkanku dengan air mata harapan….

Sudah enam tahun dan aku masih akan memasuki semester 3 di Istitut TB Kalbe….
Tak pernah terpikir olehku untuk bekerja di kantoran, memiliki banyak teman dengan pendidikan tinggi dan berwawasan luas, kuliah dengan uang sendiri, dan menulis banyak hal seperti sekarang….

Mimpi menjadi duta besar suatu saat entah mengapa masih aku miliki, seperti ada keyakinan suatu saat bisa menjadi ‘orang’ seperti apa yang Bapak dan almarhum kakek pernah impikan ketika aku masih berusia 5 tahun.

bulan July enam tahun lagi, kira-kira apa yang terjadi denganku ya?
Entahlah… yang jelas aku tetap ingin selalu tersenyum saja mengahadapi kehidupan….

untuk semua orang yang masih memiliki harapan ^^

22 thoughts on “HOPE of this July

  1. pertamanyaaaa :mrgreen:

    semangad semangad,
    banyak dah yang lebih kurang dari pada kita,
    jadi, bersukur aja deh šŸ™‚

  2. ITB Kalbe ?
    Ga lama saya mendengarnya, instansi pendidikan yang bagus untuk masa depan, salam saya untuk indahnya warna-warni kehidupan šŸ™‚

  3. semoga semangat dan harapan nya tidak pernah padam meski di negeri orang, yang penting lakukan 5 hal ini aku yakin bisa sukses. pertama semangat, kedua semangat, ketiga semangat lagi, ke empat semangat lagi, terakhir semangat membara terus kobarkan šŸ˜†
    salam kenal serta jabat erat selalu dari tabanan,/b>

  4. oh..ternyata…debby pinter juga dirimu ya…dulu bisa lulus ugm,unpad ama akademi analis kesehatan, aq suka dengan wanita pinter…mantaff….:D :-t

    • hihihiii
      kata mama sih bawaan dari kakekku Bang, dia dulu termasuk pejabat garis keras di jaman Suharto makanya ga banyak yang suka dia

  5. woww… perjalanan hidup yg luar biasa Debs.. saluutt bgt deh šŸ™‚
    Setiap orang memiliki ‘cerita’nya sendiri.. n ceritamu mantaafff… šŸ˜€

Leave a Reply

